Suguhan Sepincuk Berita tayang setiap hari Senin - Sabtu Jam 06.30 WIB - 07.30 WIB dan Pojok Perkoro Madiun tayang setiap hari Minggu jam 06.30 WIB - 07.30 WIB
Makam Ki Ageng Anom Besari Ramai Dikunjungi Pesiarah
Mejayan, Kab Madiun

Makam Ki Ageng Anom Besari yang berada di dalam kawasan makam kuncen di desa kuncen, kecamatan Mejayan , Kabupaten Madiun. Menjadi salah satu pusat tujuan pisiarah, banyaknya pundung atau gundukan tanah di sekitar makam menunjukkan bahwa hal itu merupakan keariffan atau kesaktian dari Ki Ageng Anom Besari .

Makam Ki Ageng Anom Besari besari di dalam kawasan makam kuncen hingga kini selalu menjadi pusat kunjungan para pesiarah, baik dari dalam kawasan madiun maupun dari luar wilayah Madiun, bahkan diantaranya datang dari daerah kediri serta Ponorogo.
Menurut cerita Ki Ageng Anom Besari dikenal sebagai Wali Allah, ataupun musafir ia juga dikenal sebagai ki ageng grabahan, karena ia menyamar sebagi penjual gerabah pada saat masa jaman penjajahan Belanda. Sehingga dengan ia menyamar sebagai penjual gerabah ia bebas untuk bergerak kemana-mana guna menyiarkan Agama Islam.
Banyaknya pundung atau gundukan tanah yang ada di sekitar makam ki ageng anom besari ini, diakui sebagai salah satu wujud keariffannya atau kesaktian Ki Ageng Anom Besari pada saat masih hidup,
Diakui selain banyak dikunjungi oleh warga di sekitar karesiden Madiun, makam ini juga banyak dikunjungi warga dari luar wilayah, diantaranya dari Kediri dan Ponorogo, banyaknya pisiarah dari kedua daerah tersebut dikarenakan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan ki ageng anom besari.
Purnomo Broto juga menambahkan bahwa para pesiarah banyak datang pada waktu malam hari, mereka sedianya akan berdoa dan beritikaf di makam tersebut.
Share